Sunday, January 19, 2020

Jurusan Ilmu Perpustakaan ? Cek 5 Daftar Pekerjaan Menjanjikan ini



Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan jurusan tertentu, yang diharapkan pertama kali adalah mendapatkan pekerjaan yang lebih layak ketika sudah lulus nanti. Begitu pula untuk lulusan ilmu perpustakaan yang menjadi salah satu prodi di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Mereka yang lulus jurusan ini, pasti mencari pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan yang tepat dengan skill dan kemampuan mereka.

Jika Anda salah satu dari lulusan jurusan ilmu perpustakaan ini, maka Anda perlu mencari peluang dimana pekerjaan yang tepat untuk Anda tempati. Dalam hal ini, pekerjaan yang dipilih tentulah yang sesuai dengan jurusan Anda. Anda tak perlu khawatir, karena untuk saat ini berbagai pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan telah tersedia di berbagai perusahaan. Baik untuk perusahaan instansi pemerintahan, perusahaan swasta bahkan pekerjaan freelance menyediakan posisi yang bagus untuk Anda tempati.

Mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Pekerjaan Yang Cocok

Seperti yang diketahui, jurusan ilmu perpustakaan masuk dalam jurusan yang kurang banyak diminati. Faktor prospek kerja yang kurang menjanjikan seringkali menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih jurusan kuliah lain dibandingkan jurusan ilmu perpustakaan. Padahal, jurusan ilmu perpustakaan bukanlah jurusan yang langka di Indonesia. Sejumlah perguruan tinggi besar seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, dan Universitas Brawijaya sudah sejak lama membukanya.

Lulusan yang semakin banyak setiap tahunnya, tentu perlu didukung juga dengan terpenuhinya lapangan pekerjaan untuk lulusan ini. Maka tidak heran, jika saat ini banyak bermunculan pekerjaan-pekerjaan baru yang cocok untuk jurusan ilmu perpustakaan.

Apa Saja Jenis Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan Yang Bisa Dipilih?

Jika Anda merupakan lulusan jurusan ilmu perpustakaan dan bingung jenis pekerjaan apa yang akan Anda pilih, berikut adalah 5 rekomendasi pekerjaan untuk Anda :

1. Pustakawan
Profesi yang pertama direkomendasikan untuk lulusan ilmu perpustakaan adalah pustakawan. Karena pustakawan sangat berkaitan langsung dengan perbukuan dan lulusan ilmu perpustakaan sangat berkaitan dengan profesi ini. Profesi pustakawan jangan diremehkan, karena pustakawan sendiri bisa menjadikan keuntungan yang besar untuk Anda, apalagi jika Anda memiliki sertifikasi yang resmi maka Anda bisa terjun ke ranah internasional

2. Pegawai BUMN dan BUMD
Berbagai perusahaan swasta dan negeri telah ada di Indonesia, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pegawai BUMN maupun BUMD. Termasuk untuk jurusan ilmu perpustakaan ini, Anda juga memiliki peluang untuk menjadi pegawai tersebut.

3. Staf Administrasi Di Perusahaan Swasta
Setiap perusahaan selalu memiliki dokumen atau data yang perlu dikelola. Termasuk untuk perusahaan swasta yang ada di Indonesia. Untuk pengelolaan data tersebut diperlukan staf yang ahli di bidangnya. Dalam hal ini, jurusan ilmu perpustakaan yang dalam kuliahnya mempelajari materi tentang data dan dokumen bisa menempati posisi ini.

4. Dosen atau Pengajar
Beberapa orang bisa saja tidak berminat untuk bekerja di perpustakaan suatu instansi. Menjadi seorang pengajar atau dosen dapat menjadi pilihan yang bisa Anda ambil. Anda bia mengajukan diri untuk menjadi pengajar jurusan ilmu perpustakaan di salah satu perguruan tinggi di Indonesia.

5. Lembaga Arsip
Selama kuliah di jurusan ilmu perpustakaan, tentunya tidak hanya diajari tentang ilmu perpustakaan saja. Namun juga diberikan kajian ilmu lain salah satunya ilmu kearsipan. Jika Anda ahli di bidang ini, Anda bisa bekerja sebagai arsiparis. Karena profesi arsiparis adalah hanya untuk orang yang ahli dalam mengelola arsip.

Selain dari 5 pekerjaan tersebut, tentu saja masih ada jenis https://www.cekaja.com/info/pekerjaan-jurusan-ilmu-perpustakaan/ lain yang Anda pilih. Jika Anda ingin mendapatkan informasi menarik lain selalu rutin kunjungi situs cekaja.com ya. Karena di situs tersebut, terdapat banyak informasi menarik yang bisa Anda dapatkan termasuk solusi untuk masalah keuangan Anda.

Salam,
Share:

21 comments:

  1. aku baru tau ada pustakawan itu pas SMP loh mba, ku kira itu relawan aja ternyata ngga hehe, pernah menjalani profesi beberapa pekerjaan diatas,, sebelum akhirnya memutuskan jadi ibu rumah tangga :)

    ReplyDelete
  2. OOh baru tahu kalau orang yang bekerja dalam bidang kearsipan istilahnya arsiparis ya dan ternyata bisa jadi dari jurusan ilmu perpustakaan.

    ReplyDelete
  3. hihihi baru tahu jurusan ilmu perpustakaan, dan saya jadi ingat sahabat saya ada yang kerja di perpustakaan daerah, tapi dia bukan lulusan ilmu perpustakaan sih :)

    Asyik juga ya kalau masuk jurusan ilmu perpustakaan :)

    ReplyDelete
  4. Artikel seperti ini biasanya dibutuhkan. Karena menurut saya ilmu perpustakaan sepertinya belum sefavorit seperti jurusan kedokteran, ekonomi, atau beberapa jurusan lain. Jadi suka agak susah cari informasinya untuk yang membutuhkan informasi tentang ilmu perpustakaan

    ReplyDelete
  5. Ulalaaa, makasiii infonya Mak.
    Ini bisa jadi insight menarik buat kids jaman now ya

    ReplyDelete
  6. Teman blogger aktif yg kukenal ada 3 orang dari jurusan perpustakaan. 2 blogger traveler, 1 lifestyle blogger. Pekerjaan tetap mereka semua jadi karyawan di perpus kampus2.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu nih ilmu perpustakaan nggak hanya terbatas profesinya di lingkup perpus aja

    ReplyDelete
  8. Lulusan dari jurusan ini memang langka lho, padahal sekarang instansi banyak membuka lowongan tuk jurusan ini.
    CPNS kemarin aja klo ndak salah ada beberapa daerah yg buka lowongan tuk ini.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya enak yang pustakawan atau arsiparis. Kerjanya sama benda tak hidup gitu kan ya.

    Ada teman kakak yang lulusan perpustakaan UGM. Kerja di perpusda kabupaten Bantul sekarang.

    ReplyDelete
  10. Temen TK saya ambil jurusan ini di saat dia kuliah. Dulu sering dibully sih karena emang gak familiar ya. Eh syukur alhamdulillah sekarang kerja di lembaga arsip. Emang kita gak boleh under estimate ya sama jurusan- jurusan yang langka

    ReplyDelete
  11. Aku baru tau nih, ternyata di Cekaja.com tuh lengkap banget ya informasinya :)

    ReplyDelete
  12. Seru juga ya jurusan ilmu perpustakaan kaya nggak umum aja gitu. Biasanya sih orang tua jaman dulu gak mau kalau anaknya kuliah di jurusan ya nggak terkenal hahaha. Tapi belum tau ajaa biasanya jurusan gak terkenal peluang nya kerjanya juga oke kook

    ReplyDelete
  13. Pustakawan ini paling dibutuhkan sekolah-sekolah loh.
    Di sekolah tuh biasanya yang jadi petugas perpustakaan adalah guru, jadi kerjanya kurang maksimal, tentu berbeda kalau perpustakaan sekolah diurus oleh pustakawan yang sudah punya ilmunya.

    ReplyDelete
  14. Jurusan ini biasanya agak jarang peminat krn lapangan kerjanya gak terlalu luas. Makanya perlu edukasi tulisan2 seperti ini supaya kita lebih open minded thd jenis pekerjaan di masa depan

    ReplyDelete
  15. Awalnya aku bertanya tanya lho.. kenapa ada orang yang tertarik dengan jurusan ilmu perpustakaan. Ada beberapa teman aku pilih jurusan tersebut dan bilangnya pustakawan itu cool lho.. ada yang awalnya memang suka baca buku dan emang ada juga yang ngga suka buku tapi sangat menikmati ilmu pustakawan hehe.. balik lagi sih ya pilihan masing masing.. nice to share mbakkku

    ReplyDelete
  16. Wah dulu sempat mau milih jurusan ini gara2 sepi peminatnya hehe...dasar sih dulu aku gak paham..hihi

    ReplyDelete
  17. Aku dulu kuliah di FISIP yang ada jurusan ilmu perpustakaannya. Sekarang temen2ku yang dulu kuliah di sana bbrp ada dosen, pustakawan, dll. Peluangnya juga banyak sih ya gak cuma itu hehe. Ada yang kerja di perusahaan dan jd PNS pula

    ReplyDelete
  18. Padahal aku senang banget lho dengan hal-hal yang terkait dengan pustaka, tapi kenapa dulu ga kepikiran ambil kuliah jurusan perpustakaan ya. Eh kayaknya karena di kotaku saat itu universitas negerinya enggak ada jurusan itu deh. Padahal kesempatan kerjanya banyak gitu ya yang relate dengan ilmu perpustakaan.

    ReplyDelete
  19. Banyak jugaaa pilihannya ya mba.. dan jadi the librarians itu asli kereen lho

    ReplyDelete
  20. aku nyesel banget dulu engga keukeuh buat ngambil jurusan ini. Padahal suka banget buku

    ReplyDelete