Monday, May 20, 2019

, ,

#HavingFunWithKhalid-1 : STEM Series Oil and Water Experiment (Video)

Oil and Water Experiment


Haaaaaaii Friends, *ala Khalid*

Jadi di blog Ibuk, ada labels baru. Namanya #HavingFunWithKhalid yang berisi kegiatan aktifitas bermain sambil belajar Khalid. Mulai dari STEM ( Science Technology Engineering and Mathematics) , cooking class sederhana, craft simpel, dan perjalanan dia. Anaknya kan sebentar lagi 4 tahun. Sudah bisa diajak main-main dengan kamera. Walau semua aktifitasnya ini tergantung mood-nya dan bikin rumah berantakaaaaaaaannn *NahanNapasRapetinGigi*

Untuk eksperimen ini sukeses bikin lantai dari dapur hingga ruang tamu berminyak. Karena saat studio ala-ala milik ayahnya sedang di set, anaknya sudah eksperimen duluan. Khalid (dan jutaan anak seumurannya tidak pernah ingin menunggu untuk bermain) melihat bahan dan air warna-warni langsung hajar ! eksperimen dengan bahagia.

Dalam permainan kali ini, Khalid diperkenalkan bahwa air dan minyak itu benda cair. Sama-sama seperti air namun sejatinya mereka berbeda. Tidak akan pernah bersatu untuk selama-lamanya, perih emang ! loh ?!

Dan yang bikin Ibuknya bad mood, sedih adalah Vas bunga kesayangan bahkan bagian dari properti jatuh :( Sompel kepalanya. Huufffttttttt..
Padahal itu vas belum dipake sama sekali untuk take video. KZL

Baiklah,
Kembali pada eksperimen Khalid,
ini bahan dan cara bermainnya.

Bahan :

  • Pewarna makanan (aneka warna)
  • Baby oil (bisa diganti minyak)
  • Air
  • Pipet drop (bisa diganti sedotan biasa)
  • Gelas Bening
Cara bermain :
  1.  Masukkan pewarna makanan pada wadah air yang terpisah
  2. masukkan baby oil pada gelas bening
  3. drop pewarna makanan di cairan baby oil
  4. perhatikan cairan berwarna yang akan membentuk bulatan-bulatan kecil pada baby oil
  5. bisa juga di tambahkan CDR untuk memberi efek vulcano atau blowing pada baby oil



untuk Khalid yang baru berusia 3th, maka penjelasannya cukup pada pemisahan air dan minyak. Nampak serupa namun memiliki massa yang berbeda. Jika anak sudah diatas 5th bisa dijelaskan teori minyak-air secara lebih detail.

Selamat mencoba Friends !


Share:

0 comments:

Post a Comment