Friday, January 25, 2019

,

Mudahnya Mengurus Paspor Bayi di Imigrasi Batam


Paspor merupakan salah satu dokumen penting yang harus di miliki anak. Maka setelah Ishaaq lahir, kami segera mengurus surat-surat penting data dirinya seperti Akte Lahir dan mencantumkan namanya di kartu keluarga kami.

Setelah Aktenya selesai pada 28 Desember, kami langsung mencari tahu kepengurusan paspor untuk bayi. Sebenarnya kami belum  memiliki jadwal melakukan perjalanan keluar negeri, namun memiliki paspor menurut saya sangat penting untuk kami sekeluarga. Sewaktu-waktu di butuhkan kami bisa langsung menggunakan paspor tanpa perlu panik mengurus secara mendadak. Apalagi jarak Batam dan Singapura yang dekat, piknik ke Singapura lebih memungkinkan dari pada terbang ke luar kota Batam. Apalagi tiket pesawat saat ini sedang naik pesat.

Mendaftar Melalui Online

Kemajuan pesat sudah dilakukan oleh Imigrasi Batam. Mendaftar pembuatan paspor menggunakan WA ( WhatsApp) yang membuat saya tergiur segera membuat paspor untuk Ishaaq. Sebelumnya saya kepayahan membuat paspor untuk Khalid di tahun 2015. Situasi ruang tunggu yang panas, antrian yang mengular, desak-desakan dan hilir mudik calo. Iya, calo salah satu momok menakutkan saat melakukan pembuatan paspor. Hampir seharian saya mengantri, asal tahu pengambilan nomor antrian dilakukan sejak sebelum subuh.



Loket CS

Terobosan mendaftar melalui WA inilah yang patut di apresiasi. Bukan hanya jenis antrian yang berbeda namun ruang tunggu dan pelayanan jaaaaauh lebih nyaman. Bahkan bayi dalam gendongan saya bisa tidur nyenyak hingga urusan selesai. Ada kids corner, ruang laktasi, dan tempat duduk yang nyaman.

Skema melakukan pendaftaran melalu online adalah :


Alur Mendaftar online
Keterangan :
  1. Kita kirim WA ke no +62 822-8886-2017 dengan format : NAMA#TGLLAHIR(DDMMYYYY)#ALAMAT SESUAI EKTP

  2. jika berhasil akan mendapat WA :
    Pendaftaran Antrian Anda Berhasil !! Dengan Data Sebagai Berikut : 
    Kode Pendaftaran : 084748026
    Nomor WhatsApp : +62 822-8688-14
    Nama Lengkap : ISHAAQ AL KINDI
    Tgl. Lahir : 05-11-2015
    Alamat : BENGKONG INDAH BLOK D NO 
    Tgl. Datang : 04-01-2019
    Tujuan : Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam
    Jenis : BIASA
    Perkiraan Nomor Antrian : 026
    Jam Datang (Check In) : 07:45 WIB
    Untuk Membatalkan Ketik #batal dan Perlu Diingat Bahwa Tiap Pembatalan Akan Berakibat Pemblokiran Selama 2 Minggu Kedepan!
    🇮🇩  IMIGRASI BATAM 🇮🇩

  3. Datang 30 menit lebih awal dari jam yang sudah ditentukan. Tunjukkan bukti WA yang didapat. Petugas akan langsung mengecek nama kita dalam daftar antrian.

  4. Duduk di kursi yang telah di tetapkan sambil menunggu jam layanan buka dan memanggil no antrian.

  5. Setelah di panggil, siapkan berkas yang di butuhkan. Asli dan fotocopy lengkap. Berkas yang di butuhkan sesuai dengan balasan WA yang diberikan oleh Imigrasi saat kita mendaftar antrian.

  6. Setelah petugas melakukan verifikasi berkas kita, maka kita akan mendapat no antri untuk wawancara dan foto. Tentu saja ada beberapa form dan surat yang harus di isi. Jangan lama-lama ya, karena antrian terus berjalan. Di loket CS ini juga no hp kita akan diminta dan dituliskan di map kita. Paspor dapat diambil ketika sudah mendapat sms dari pihak imigrasi.

  7. Bagian yang terakhir adalah mengantri untuk foto dan wawancara. Utarakan sesuai kebutuhan, kemudian kita dipersilakan untuk membayar dan proses pembuatan paspor selesai. Pembayaran di lakukan di Mobil Kantor Pos yang terparkir di depan imigrasi. Jadi kita tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan pembayaran.

Paspor Untuk Balita

Pihak imigrasi paham betul, bahwa ketahanan anak kecil di keramaian tidak bisa lama. Proses yang lama dan membosankan membuatan anak rewel. Maka dari itu untuk balita (Bawah Lima Tahun) dan Lansia tidak perlu melakukan proses diatas. Untuk dua kategori ini mendapatkan kemudahan. Kita bisa langsung membawa anak dan lansia kemudian langsung mendaftar menuju loket CS. Setelahnya kita akan langsung di wawancara tanpa melalui proses mengantri.
Tersedia Kids Corner sebelah kanan Loket CS
Wawancara dan foto untuk lansia tidak menggunakan no antrian, jadi petugas akan langsung memanggil orang yang bersangkutan. Nah, proses yang menantang adalah bagian memfoto bayi. Tangan bayi tidak boleh bergerak menutup wajah. Pandangan bayi harus lurus kedepan. Latar foto harus berwarna putih. Bayi tidak bisa di pangku karena kepalanya belum tegak. Proses inilah yang menurut saya penuh tantangan dan memakan waktu agak lama untuk setiap bayi.

Ada Ruang Laktasi
Bagian dalam ruang laktasi. Ishaaq sempat ganti popok disini
Tips dari saya untuk bayi yang ingin foto :
  1. Kondisikan perut bayi kenyang.
  2. Ajak main karena saat proses foto berlangsung bayi tidak boleh tidur.
  3. Jika memungkinkan bedong bayi namun biarkan bagian atasnya. Bedong hingga siku kebawah. Ini akan memudahkan petugas memfoto bayi.
Setelah melalui proses di atas. Orang tua tinggal melakukan pembayaran dan menunggu sms dari imigrasi untuk pengambilan paspor. Hari Jumat kami melakukan pendaftaran, Rabu sore sudah mendapat SMS bahwa paspor keesokan harinya boleh diambil.

Proses Pengambilan Paspor

Keren pelayanan imigrasi saat ini. Bahkan untuk pengambilan paspornya kita tidak perlu datang pagi-pagi, antri panjang dan berdesakan. Cukup duduk manis di rumah. Nanti akan mendapat sms "ISHAAQ AL KINDI status paspor selesai. Nomor antrian dapat diambil di kantor Imigrasi pada pukul 07.30-14.00 dengan membawa bukti bayar. Terima kasih"

Nah, setelah itu suami langsung ke Imigrasi. Mengantri hanya 20 menit dan kemudian paspor sudah ditangan. Lalu bagaimana jika terlewat hari ? Tenang, paspor masih bisa diambil walau bukan sehari tepat setelah menerima sms. Pengalaman adik saya, mengambil paspor 3 hari setelah mendapat sms karena sms nya tidak terbaca. Sungguh mudah dan menyenangkan. Reformasi imigrasi kali ini benar-benar keren.

Tips bagi yang ingin mengurus paspor :
  1. Fotocopy semua berkas sesuai ketentuan.
  2. Bawa pena hitam untuk mengisi formulir yang disediakan untuk mempersingkat antrian menulis.
  3. Pisahkan sesuai urutan antara berkas asli dan fotocopy
  4. Gunakan sepatu tertutup dan berpakaian sopan.
Kemajuan positif seperti harus di apresiasi. Semoga seterusnya mengurus dokumen negara semudah mengurus paspor. Biar indeks kebahagiaan masyarakat meningkat. Hahaha 


Salam,
Share:

2 comments:

  1. iyes bener nih.. tahun lalu memperbarui pasporku, pas jadwal yg di WA dateng sama Ata bawa cemilan minuman dan mainan.siap2 lama ngantri. eh ternyata 30 mnt dah beres. yang pasti dokumen kita harus lengkap

    ReplyDelete
  2. wahhhh,,,, jadi pengen buat juga mbak Des,,,,, hehehe
    lebih mudah ya sekarang

    ReplyDelete