Tuesday, January 8, 2019

5 Stimulan Untuk Bayi Usia 0-3 Bulan


Perkembangan bayi makin lama makin menggemaskan. Badannya makin berisi dari hari ke hari. Sesekali ia sudah bisa tersenyum saat diajak berkomunikasi atau menunjukkan wajah antusias dengan membulatkan mulut menyerupai huruf O.

Saat digendong sudah mulai terasa semakin berat. Mulai mengangkat kepala dengan durasi pendek. Ishaaq paling suka digendong dengan cara di tegakkan. Sesekali terdengar dia bergumam namun belum jelas.

Untuk merangsang kecerdasannya, berikut Stimulan yang saya berikan untuk Ishaaq :

  1. Memberikan Jari Untuk Di Genggam
    Saya memutuskan melepas sarung tangan Ishaaq di Minggu kedua kelahirannya. Setelah membaca berbagai artikel, jari anak memiliki banyak sensorik halus yang harus di rangsang. Saat tangannya ditutup dengan sarung tangan, ia tidak akan bisa belajar menyentuh dan menggenggam. Bayi akan reflek menggenggam saat kita menyodorkan jari ditangannya. Jangan lupa perhatikan panjang kuku bayi ya, Mak.
  2. Membacakan Buku
    Untuk memperkaya kosa kata dan pengenalan dengan kata-kata, rajinlah membacakan buku. Saat membaca buku, Ishaaq terlihat antusias dengan memajukan mulutnya membentuk huruf O. Ia juga seolah ingin mengatakan sesuatu. Bisa juga dirangsang dengan percakapan sederhana. Sering-sering ajak bayi untuk berbicara. Dan bisa juga diperdengarkan musik lembut yang berada dimainannya.
  3. Tummy Time
    Sebagian ibu mungkin merasakan takut untuk mencoba jenis stimulan ini. Tummy time bahasa lainnya adalah tengkurap. Padahal tengkurap ini bagus untuk perkembangan otot lehernya dan punggung bagian atas. Jika takut langsung membiarkan anak tengkurap di kasur, bisa juga dicoba dengan meletakkan bayi di dada ayah atau ibunya terlebih dahulu. Saat proses tummy time berlangsung, jangan lupa terus awasi dan ajak bicara ya, Mak.
  4. Pijat
    Memijat anak selepas mandi hampir selalu saya lakukan. Memijat bayi membuat anak tidur lebih lelap. Terlebih setelah bepergian dan anak digendong dalam waktu lama. Pasti setelah mandi saya akan memijatnya. Pemijatan pada bayi memiliki banyak manfaat. Selain menguatkan bonding antar Ibu, memijat ini bisa menguatkan otot bayi, mengurangi resiko kolik, dan memberikan rasa nyaman pada bayi. Ingat, pemijatan bayi ada teknik khusus ya Mak. Tekniknya bisa di lihat di CD maupun youtube. Tidak sulit memijat bayi namun harus penuh kehati-hatian.
  5. Permainan Warna
    Saat baru lahir, pandangan bayi belum begitu jelas. Begitupun saat ia melihat warna. Untuk menstimulan kemampuannya, seringlah dekatkan wajah saat berinteraksi dengan bayi. Ini akan membuat ia mengenali kita. Bisa juga dengan diberi mainan penuh warna. Dengan berbagai warna yang ada bayi akan belajar mengenal aneka warna.
Itulah 5 stimulan yang saya berikan pada bayi saya.
Semoga menginspirasi ibu yang lain.
Semoga Bermanfaat ya, Mak

Salam,
email signature
Share:

0 comments:

Post a Comment