Friday, May 4, 2018

,

#CakapMamak-5 : 7 Ide Bermain Di Rumah Ala Khalid



Ketemu kembali dengan Jumat, waktunya kolaborasi blog !
Tema kami kali ini adalah "Kegiatan di Rumah Bersama Anak"

Berhubung Khalid anak HS, maka ia tidak mengenal sekolah PAUD atau sekolah usia dini lainnya. Jadi kegiatan sehari-harinya semua di usahakan oleh ibunya dan kemudian dikerjakan bersama. Karena Khalid masih dibawah 3th, jadi saya tidak memiliki jadwal pasti hariannya. Ide permainannya bebas, sesuai dengan keinginan Khalid hari itu atau sesuai dengan mood mamaknya. Usia Khalid adalah usia bermain, jadi tidak ada paksaan untuk belajar namun bisa diarahkan dan disisipkan pelajaran untuk anak seusianya.

Saat Khalid mulai menggelar mainannya

Baiklah, saya akan merangkum 7 kegiatan Khalid di rumah. Semoga bermanfaat.

  1. Jalan Pagi
    Setelah Ayahnya berangkat kerja, biasanya kami berjalan mengelilingi komplek rumah. Karena tinggal di komplek kecil. Jalan pagi ini menghabiskan waktu tidak lebih dari 1 jam. Khalid akan memetik bunga, sesekali minta dipasangkan di telinga atau diberikan kepada saya "For you Ibuk!" katanya gitu. Atau melihat Pisang yang berbuah (biasanya dia akan bertanya, mengapa pisangnya warnanya hijau, bukan kuning seperti yang biasa dia lihat) melihat Mangga (Kadang saya petikkan daun mangga muda kemudian ciumkan aromanya ke Khalid" dan aneka tumbuhan lainnya. Tapi kebiasaan Khalid itu, kalau sudah ditanya hari ini besoknya dia tanya lagi. Hahahhaa. Kadang dia sampai hapal jawaban saya atau malah menjelaskan ulang ke saya.

    Biasanya Khalid jalan pagi belum mandi, jadi dia bebas menyentuh apapun. Boleh mengelus-elus kucing, kasih makan monyet dengan pisang (tetangga ada yang pelihara monyet) mencabut rumbut kalau pas musim hujan loncat digenangan air. Pulang kerumah barulah Khalid mandi.

  2. Menyediakan Drawing Book dan Spidol Warna Khusus Anak
    Ini kegiatan andalan. Kalau saya sedang tidak punya ide bermain. Biasanya kami akan menggambar. Berhubung saya tidak pintar gambar, jadi mesti liat tutorial dulu di internet. Biasanya kalau gambar saya jelek, akan di sanggah sama Khalid. Jadi saya harus menggambar dengan sungguh-sungguh.

    Menggambar ini bisa menjadi sarana melatih motorik halus. Belajar mewarnai yang kadang karena di warnai Khalid malah gambarnya jadi hilang. Saking tebalnya warnanya. Saya tidak mengintervensi hasil mewarnai Khalid. Anak 2th 10bln tidak perlu banyak dituntut. Diarahkan saja. Mampu membuat lingkaran, garis lurus, dan gambar abstrak.

  3. Bermain dengan Lem dan Gambar
    Ide bermain selanjutny adalah memasang gambar di stik es krim dengan menggunakan lem. Tergantung tema hari itu. Kalau temanya kebun, maka kami menggunting bunga, kupu-kupu, kepik dan lainnya kemudian menempelkan di stik es krim. Semua dilakukan Khalid sendiri kecuali menggunting. Khusus gunting, saya menggunakan gunting khusus anak yang hanya bisa menggunting kertas. Jadi aman untuk Khalid.

    setelah di gunting dan di tempelkan kami akan bermain peran. Khalid bebas milih. Mau jadi bunga atau hewan. Hanya saja akhir-akhirnya ini lebih senang jadi IRON MAN. Jadi sering merasa bahwa ia bisa terbang dan ini biasanya dimainkan bersama ayahnya. Mamaknya gak kuat kalau harus mengangkat dan menurunkan Khalid dengan gaya Iron Man. Bisa kram perut !
  4. Bermain Kertas Origami
    Tangan saya tidak terampil. Jadi kalau main kertas origami dengan saya Khalid tidak punya banyak pilihan. Biasanya dia lebih senang bermain dengan ayahnya. Karena Ayahnya bisa membuat kodok, pikacu, burung dll. Kalau sama mamaknya dalam satu hari bisa 1 jenis saja. Saya ulang trus kalau sudah banyak saya tempel. Hahahha

  5. Membaca Buku
    Permainan ini saya lakukan kalau sedang malas gerak. Atau berat bangun dari tempat tidur. Tapi hasilnya Khalid malah bisa meminta bacakan buku lebih dari 5 buku. Mamaknya yang gempor. Setiap kali membaca harus dengan intonasi yang baik.

    Pernah membacakan buku dengan ekspresi lurus aja. Seperti membaca dalam hati. Kemudian di protes "Ibuk benar-benar lah baca bukunya" Huufftt. Dikira baca buku seenak ngobrol curhat kali ya.

  6. Main Air
    Siapa yang suka main air ? Hampir rata-rata anak gembira bermain air. Saat sore hari, kerjaan membereskan rumah menumpuk sedangkan ayahnya segera pulang. Biasanya saya tawari Khalid bermain air. Tentunya saja dengan busa sabun. Jadi sabun Khalid itu tidak pernah awet. Saat bermain air dia akan membawa mainannya. Dan bermain peran dengan aneka mainan sedangkan ia berendam di dalam ember. Kadang pura-pura tenggelam, memandikan mainnya satu per satu. Lumayan loh, main air ini bisa sampai dua jam hingga akhirnya ia berteriak "Ibuk ! udah mandinya" Saat Khalid sulit tidur siang dan ia mulai mengantuk jam 4 (Jam rawan ini, kalau dia lanjut tidur bisa bangun maghrib. Moodnya jelek dan bakalan tidur malam) saya ajak juga Khalid main air. Kalau tidak ada kerjaan, saya gelar kasur kecil depan kamar mandi. Nungguin Khalid puas main air dan saya punya "me time" hahahah

  7. Libatkan dalam Aktifitas Rumah Tangga
    Kadang saya merasa anak itu jika dikasih kepercayaan bahagianya minta ampun. Jadi saya memanfaatkan momen ini untuk "bekerjasama" dengan Khalid. Seperti ajak mencuci beras, ajak menyusun hanger (gantungan baju), ajak merapikan tempat tidur (Khalid bagian menumpuk bantal selimut), ajak membereskan mainannya, ajak menyapu halaman dan Khalid bagian membawa sekop, beri tugas memberi makan ikan hias dan kegiatan rumah tangga lainnya. Ekspektasi jangan terlaly tinggi. Mereka tak akan mampu mengerjakan rapi serapi orang dewasa. Namun bekerjasa ini mengajarkan anak tanggungjawab. Walau kadang malah menambah kerjaan mamaknya. Heheheh
Nah gimana Mak ?
Apa kegiatan favorit bareng anak ?
Yuk intip cerita Mak Ika bersama Kayyisah. Kalau melihat aktifitas Kayyisah di IG. Terlihat sekali mamaknya kreatif dalam mengajak anak bermain sambil belajar.

Selamat Weekend !
Share:

27 comments:

  1. hehehe keren nih Khalid permainannya edukasi semuua hihi.

    ReplyDelete
  2. Makasi dek ide2nya, bisa di praktekin ke cyila hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe
      sama-sama kak.
      makasi sudah berkunjung :)

      Delete
  3. Khalid cowok kan?? hehe, lucu ya minta dipasangkan bunga di telinganya. Tapi peka juga ya, memberikan bunga ke ibunya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang.
      Cowok.
      biar macem beli-beli yang di Bali bang.
      Pake bunga.
      hahhaa

      Delete
  4. Aih keren khaliiidd.. sehat2 ya nakkkkk sholeh :*

    ReplyDelete
  5. Keponakan saya sering kabur kalau diajak mandi pagi.apalagi kalau air masih dingin, perlu dibujuk dulu berkali-kali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Triknya ajak mandi pake air hangat bang.
      hehehehe

      Delete
  6. Pengen banget jalan pagi.... Tapi susah banget bangun pagi hihi... Jadi mak it luar biasa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw
      lama-lama juga bisa kak.
      tar klo punya anak

      Delete
  7. Begitulah anak2 ya mak, masih moodyan jadi emaknya harus pinter2 muter otak supaya anak gak bosenan main ini itu. Yang penting anak hepi, emak juga ikutan hepi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener.
      yang penting sama-sama hepi
      hahahha

      Delete
  8. Kreatif banget ya mbak. Dulu, waktu masih anak pertama saya juga rajin banget ngumpulin ide permainan kreatif dan praktek bareng anak. Tapi begitu udah anak kedua bubar jalan karena 'pendidik' nya tambah satu si kakak. Hehehe...Tapi salut banget kalau bisa tetap istiqomah dengan rutinitas mengisi quality time sama anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini masih banyak kurang kak.
      cuma bertahan aja.
      improve
      wkwkkww

      Delete
  9. Kalau saya bukan sebagai emak, tapi saya suka main air dan melipat kertas origami. Walaupun kalau main air sambil melipat kertas bisa bikin origami basah.. Heheheh

    ReplyDelete
  10. Kami selalu menerapkan hal yang sama dengan duo crucils... paling seru tu kalau sudah mengajak mereka ikut berkecimpung di dapur... widih, bising plus tambah lama kerjaan saya, tapi hasilnya memang seru apalagi kalau sudah urusan ngulen-nguleni tepung.. wadau semuanya putih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan setelahnya kita capek beresin.
      wkwkwkkw

      Delete
  11. Pipi umur segitu jg dah main pensil.. Dia coret coret buku gambar sesuka hati.
    Dia tunjukin ke saya dan dipuji bagus dia makin senang.

    Sekarang gambarnya halus
    Ga pernah diajar..otodidak sendiri.

    Soal berendam dia jg senang tp dlm air hangat
    Sampe sekarang...
    Dah buru buru sekolahpun masih berendam

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bakat menggambar
      bakat jd desainer, bakat jd arsitek dll
      hehehe

      Delete
  12. Noted nih, jadi ide buat ajak Umar main ntar kalo uda gedean. Makasih ibuuk

    ReplyDelete