Friday, April 27, 2018

#CakapMamak-4 : Hal Tak Terduga Bersama Khalid


Alhamdulilah, kembali bertemu dengan Jumat. Keluhan pekan lalu dan pekan ini masih sama. Blog post hanya nongol seminggu sekali. Makin kehilangan waktu didepan laptop, selalu mendekat di selimut dan bantal. Hahaha

Pekan ini #CakapMamak mengambil topik : Hal tak terduga bersama anak. Pasti ‘kan pernah merasakan keajaiban penuh kegemesan saat bersama anak. Sering bikin ketawa, sering juga bikin mangkel !

Berhubungan baru punya Khalid, jadi cerita ini hanya seputaran Khalid. Mungkin seru lebih berwarna kalau Adek Khalid sudah hadir. Semoga tidak mengundang ubanan cepet ya kalau sudah beranak dua. Hahahha

1. Tertidur di Rumah Makan
ini kejadiannya saat berdua dengan Khalid. Saya memilih makan di Ali Baba Coffee shop dekat rumah. Tentu saja ini saya lalui dengan jalan kaki. Saat ditengah makan, Khalid tiba-tiba terdiam dan matanya makin meredup. Makin dilihat, makin tidak peduli dan ia langsung terlelap tidur. Saya agak panik, karena selain jalan kaki maka artinya saya menggendong Khalid pulang. Perjalanan jalan kaki sekitar 10 menit dibawah terik matahari. Lekas membayar kemudian saya membopong Khalid pulang. Keringat sudah mengucur, berharap ia sampai di rumah bisa lelap tidur dan saya pun ikut tidur. Rupanya sampai rumah si anak malah onfire ! batal tidur siang.

2. Merobek Buku Pop Up
Setelah mendapat fee menulis dari salah satu platform onlineshop, saya membelikan Khalid dua buah buku Pop Up. Seri Wiu Wiu dan Binatang Laut. Totalnya 300rb lebih. Menurut saya ini buku Khalid termahal. Jadi saya jaga dengan hati-hati. Apalagi saat melihat dia antusias melihat bukunya. Rasanya senang bisa membelikan buku Khalid itu. Suatu malam, saya dan ayahnya sedang mengobrol. Khalid membaca bukunya sendiri. Sebenarnya saya mendengar suara “Kreeesss..” sobekan buku. Namun tidak terlalu menghiraukan. Karena selama ini Khalid hampir tidak pernah menyobek bukunya. Berulang kali saya mendengar suara sobekan buku itu. Karena penasaran, saya pun menoleh ke arah Khalid. Teryata buku Wiu-Wiu Pop Up nya sudah tidak berbentuk lagi. Ia menyobek sambil bersenandung lagu “Policar”. Khalid berinisiatif mengambil gambar-gambar tiga dimensi kendaraan itu. Sudah tidak bisa diselamatkan. Karena robeknya hampir 80%. Ikhlas Nak !!!!


3. Kebalik Memakai Sepatu
Anak kecil itu biasanya gigih dan cenderung keras kepala. Bagus sih, tapi kadang penempatannya kurang tepat (menurut emaknya). Suatu hari kami berniat jalan-jalan ke mall. Sudah rapi dan siap berangkat, saya meminta Khalid memakai sepatunya. Pas mau berangkat, baru sadar ia memakai sepatu terbalik. Minta diperbaiki, sang anak ngotot bahwa itu benar. Jadilah kami nge-mall dengan kondisi sepatu Khalid terbalik. Cool ya nak !


4. Makan Sendiri Gak Habis, Berdua Kurang
Napsu makan Khalid ini sering ajaib. Kalau dibelikan 1 porsi sendiri malah kadang tidak disentuh atau dihabiskan. Giliran berdua sama mamaknya, eh mamaknya gak kebagian. Gemes !


5. Ketakutan di keramaian
Saat ke Science Centre Singapura, Kami memasukki arena bermain yang semua benda seolah-oleh real. Jadilah kami di sambut Kingkong yang besar dan bergerak mengeluarkan asap. Khalid biasanya menyenangi kingkong. Heboh kalau melihat aneka hewan. Giliran pas di hadapkan dengan Kingkong besar, eh dianya takut dan minta keluar. Alhasil kami keluar menuju jalan pintas. Gagal deh bereksperimen.


6. Memilih Pakaian Kebesaran
ini sulit sekali ditawar, tapi mamaknya tak mampu mengalah. Gimana mau mengalah, kalau baju yang dipilih Khalid itu kebesaran. Kalau ia memakai bisa keluar sebelah itu bahu karena melebar. Kedodoran sampai tangan hilang. Bikin anaknya makin terlihat kurus. Biasanya kami biarkan ia menangis meraung. Kalau sudah lelah, baru kami gendong. Tahan Muka mak !


7. Dibelikan Tidak Dimakan, Minta orang Lahap
Siapa yang anaknya begini ? Khalid banget ini. Jadi dia jarang suka biskuit, coklat atau cemilan yang manis. Nah giliran bertemu dengan orang yang memakan itu. Khalid akan menatap dengan penuh napsu. Ditawari, malah minta lagi. Kan malu mamaknya yang awalnya sudah terlanjur bilang “Khalid gak doyan...” eh ternyata minta ulang. Tebelin muka Ya !


Inilah hal-hal yang membuat saya kadang menarik napas panjang saat bersama Khalid. Tapi hal manis pun banyak terjadi. Walau tidak sesering hal yang tak terduga ini. Kalau di pikir-pikir banyak lagi kejadian yang tak terduga bersama Khalid. Tapi khawatir kepanjangan. Hahahah.
Jadi di cukupkan sekian yaa. Semoga bisa diambil manfaatnya ya mak 

Jangan lupa intip cerita Mak Ika bersama Kayyish. Pasti penuh dengan keajaiban juga. Ya namanya mamak-mamak. Selalu dekat dengan dunia ajaib anak.

Share:

14 comments:

  1. Yeyyyy, Aku Tak Sendiri...klo baca beginian berasa seneng aku, krn setiap ngeliat anak ku bertingkah ajaib orng2 terdeket pada nyinyir, padahal mereka sendiri juga pernah mengalami hal sama.. ahhkkk sudahh lahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak emang ajaib.
      jadi wajar klo tingkahnya agak beda.
      wkwkwkkw

      Delete
  2. Kelakuan anak-anak memang banyak yang lucu-lucu. Tapi sering kali luput dari perhatian orang dewasa. hehe
    di lingkungan tempat saya tinggal banyak sekali anak-anak ngumpul main kalau sore. paling gemes kalau lihat mereka nangis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampe nangis juga pak.
      gemes bagi bapak.
      pening bagi ortunya.
      hahahahha

      Delete
  3. No. 7 itu Aal jaman dulu, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau skrg udah porsi sendiri lah yaaa

      Delete
  4. aku paling suka memperhatikan keluguan dan kelucuan anak anak jika sedang bermain, karena ada sesuatu yang akan tertinggal dihati ku

    kadang pengen banget kembali ke masa muda, untuk mendapatkan kemanjaan bersama orang tua yang paling kita sayangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jadi bayangin adegan mas reza manja ke ortu.
      XD
      hahaha

      Delete
  5. Kalau anak-anak sudah ngantuk dimana saja bisa pulas ya. Tak persulu waktu dan tempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh.
      tinggal mamaknya aja yang mesti setrong.
      ngangkatnya.
      hahahaha

      Delete
  6. hihihi
    anak memang unik...dan selalu ada kejutan setiap harinya
    seperti kejutan saya minggu lalu
    tiba tiba anak sy yg susah makan minta makan lauk rendang
    lahap makan dia meski kepedasan
    ini dah 2 kali bikin rendang
    hari ini mau bikin lagi krn klu ga ada dia bakal jerit jerit teriak mau makan dengan rendang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak banget kak anaknya mau makan pedes.
      Khalid anti pedes.
      pedes lada aja langsung nangis.
      hiks !

      Delete
  7. Hahhaaha ada-ada aja ya kompak dengan Khalid ampe masang sepatu kebalik dan ketiduran... BTW yang bikin ilustrasi paling atas siapa ya Des,, cakep....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah Khalid bu.
      wkwkkw

      suami yang desain bu.
      saya sih gk bisaa apa-apa.
      wkwkwkkw

      Delete