Monday, March 12, 2018

, , , ,

Mombassador, Bukan Kampanye Sufor

Foto Seluruh Mombassador Batch 7

Menjadi bagian dari 198 emak-emak setrong dari total pendaftar 3560 emak rasanya sungguh ajaib ! Sempet bertanya, apa poin plus ku hingga di lirik SGM. Namun dibalik kebahagiaan terpilih menjadi salah satu SGM Mombassador ada secuil nyinyir "Ih.. Kok jadi Ambassador Sufor sih ?"

Mamak eksis dulu. hehehe

Well,
Aku mengerti mak.
Tingginya nutrisi ASI tak mampu dikalahkan oleh apapun. Sebelum nyinyir berkelanjutan, baiknya baca dulu hingga tuntas. Mana tau next Batch malah tertarik untuk mendaftar. Who Knows ? :)

Apakah Mombassador SGM Eksplor itu ?

Mombassador SGM Eksplor adalah komunitas ibu-ibu yang dibentuk oleh PT Sarihusada Generasi Mahardhika alias SGM yang peduli terhadap isu Gizi, Nutrisi dan Tumbuh Kembang anak. Komunitas ini kemudian akan diberi Pelatihan tentang gizi, nutrisi, aktualisasi ibu di keluarga dan masyarakat. Intinya sih, Seorang Ibu mesti ngerti gizi, rajin mantau tumbuh kembang anak dan harus memiliki nilai jual baik untuk keluarga maupun untuk masyarakat agar manfaat kehadirannya bisa dirasakan oleh lingkungan dan bangsa. Karena mendidik satu ibu, berarti mendidik satu generasi.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah, Mengapa SGM mau repot-repot dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mendatangkan Ibu-Ibu terpilih dari seluruh Indonesia dan berkumpul di Jogja ? Jawabannya adalah karena SGM memiliki Misi Memajukan Generasi Bangsa. Nah misi ini tidak akan tercapai jika anak-anak Indonesia masih menghadapi dua isu laten yakni Stunting (Bertubuh Pendek) dan Terlalu kurus akibat gizi buruk.

Kenapa Mombassador ? bukan Dadbassador ?

Ini pun menjadi pertanyaanku mak. Kenapa hanya ibu ? kok gak ayah sekalian ? Kan asyik yang diundang ke Jogja sekalian sama suami. Kalau perlu bawa anak sekalian. Wah bahagia lahir bathin mamaknya. Bukankah dalam Ibu bahagia tercipta keluarga Ceria ? Mari kita doakan semoga batch selanjutnya ada Parentbassador. Aamiin. Tapi sepertinya ini permintaan dari seorang Ibu yang tak tau diuntung. Jangan begini ya mak. Hehehe
Cara manggil mamak untuk kumpul ? Ajak Foto !

Rangkaian Acara Mombassador 7-9 Maret 2018

Batch yang aku ikuti adalah Batch 7 dan Batch terbanyak sepanjang sejarah !
Terdiri dari 198 Ibu-Ibu sholihah nan Budiman. Perjalanan dimulai tanggal 6 Maret. Setiap daerah memiliki jadwal keberangkatan berbeda. Saya dari Batam sendirian, berangkat dari jam 12 dari rumah dan harusnya flight 01.40 WIB namun qodarullah, Delayed dan terbang pukul 17.30 WIB. Transit Palembang dan sampai Jogja 21.00 WIB nginjek hotel 21.30 WIB. Kondisi udah gak bisa senyum dan laper :(

Sebelah kanan Mba Reza, Favorit para mamak

Namun rasa lelah sedikit terobati, disambut oleh Mba Reza yang ternyata masih muda dan belum menikah. Ramah banget mba nya, aku terharu. Diberi makan malam dan langsung masuk kamar. Kami menginap di The Alana Hotel and Convention Centre by Aston. Hotel mewah fasilitas lengkap cuma sayang gak sempet menikmati semua. Kalau ada sisa waktu buru-buru tidur. Ngantuk mak !

Hari Pertama 

Tanggal 7, kami siap mengikuti serangkaian acara dengan stamina yang lebih baik (bagi yang datang tanggal 6) namun stamina nyaris ngedrop tapi tetap setrong yang datang pada tanggal 7.

Venue hari itu adalah Candi Prambanan. View bagus dengan cuaca ceraaaah banget. Dimulai dengan pembagian seragam, name tag, dan uang saku. Iya mak ! dapet uang saku. Udah diundang, nginep di hotel mewah, dapat ilmu dan ada uang saku pulak ! seneng ya mak. hehe

Setelah berseragam lengkap, kami antri untuk foto profile. Ala-ala Puteri Indonesia. Dengan 3 pose seluruh badan. Tenang mak, yang badannya kaku seperti aku ada pengarah gayanya kok. Tim SGM maklum, kalau kita udah vakum bertahun-tahun dari dunia modeling. Buahahahahahak !

Kemudian dilanjut dengan outbound. Kami saling bergandeng tangan, mengenal satu sama lain. Bekerjasama. Menentukan nama kelompok. Dan nama kelompokku adalah SUHENDI (Suka Heboh Sendiri) ajaib ya namanya. Ya kelompok mamak-mamak pasti selalu disertai dengan keajaiban.
Adu cepat sampai Finish

selepas Outbound kami kemudian duduk anteng dan diam. Percayalah mak, hanya kelelahan yang mampu membuat mamak diam. Diperkenalkan dengan tim SGM yang akan mengisi materi selama acara berlangsung. Ada Ibu Naomi Jamaro, Talitha Andini Prameswari (Bukan Thalita Latief ya mak. Tapi mba Thalita ini seorang model juga loh. Finalis Puteri Indonesia) info ini valid. Hasil kepo akun IG nya si mba Thalita. Hahaha dan yang terakhir mba Devani. 

meninggalkan Candi Prambanan, kami melaju menuju TJ alias T-shirt Jogja. Hujan deras tak menghalangi langkah mamak untuk beli oleh-oleh untuk yang tersayang. Hal yang tak biasa dari pusat oleh-oleh ini adalah bisa melihat proses pembuatan kaos. 

Hayo, jangan sampai sepedanya melayang
Malamnya kami menikmati welcome dinner dan dilanjutkan dengan worksop Branding Diri oleh Spikolog bunda Andini. Perut kenyang, badan sudah bersih bayangan kasur mulai mengintai. Syukur acara hanya sampai jam 9 malam. Selanjutnya bisa bobok cantik. Tapi ada loh yang masih punya energi untuk keliling Malioboro. Kalau aku, gak kuat lagi mak. Faktor U dan lemak tubuh bikin cepet nyungsep kekasur.

Hari Kedua.

Hari kedua ini kami di bagi menjadi 4 kelompok. A, B, C dan D. A dan B berkunjung terlebih dahulu ke Pabrik Sarihusada Generasi Mahardhika. Ternyata Pabriknya dekat dengan Candi Prambanan. Jadi viewnya baguuuus banget. Hijau sepanjang mata memandang. Sayang, di Pabrik kami dilarang mengambil dan merekam info apapun. Mungkin ini berhubungan dengan hak cipta. Selanjutnya ada workshop dengan ruangan kecil dan di sediakan Bantal duduk. Duh mak. Enak banget duduk selonjoran sambil ngopi dan nyemil cantik. Tinggal merem aja kalau gak malu. Heheheh Workshop ini kami diperkenalkan Sejarah SGM, Produk terbaru SGM, dan Budaya Kerja SGM. Rasanya seru bisa kerja di SGM. 

Disediakan bantal duduk, Sanggup nahan kantuk mak ?

Setelah makan siang Gudeg Mbok Djum, kami kembali ke hotel dan bersiap workshop kembali dengan tema Gizi seimbang untuk si Kecil dan Potensi Alergi "Bagaimana menghindari dan penanganannya" Selanjutnya materi yang paling membekas adalah Media Digital dan cara memanfaatkannya. Di isi oleh Blogger kece, Ketua Blogger Bengkulu Bunda Milda Ini dan Bunda Efiy dalam materi "Mendirikan Gerakan Sosial yang Berkelanjutan"

Bunda Efiy ini ternyata pemilik Rumah Baca Asma Nadia. Dan merelakan sebagian rumahnya untuk dijadikan sebagai rumah baca bagi anak-anak tidak mampu dan sekitarnya. Mulia ya Mak !

Break workshop

Malam hari, saatnya mamak eksis ! Gala dinner ini rasanya spesial. Ternyata para mamak ini well prepared sekali. Bawa kebaya dan sepatu high heels. Huwow ! Gaun merah betaburan, kebaya segala model keluar semua malam itu. Rasanya lebih tepat menghadiri ajang temu model deh. Cantik-cantik. Di pandu MC Mas Novan yang kemudian mendapat predikat Duren Siaga dan Mba Tako yang ku kira Hesti P. Mirip banget si mba dengan artis Hesti Purwadinata. Setelah kepo dengan akun IGnya barulah yakin kalau si Mba Tako ini bukan Hesti. Wkwkwkkw

Gala Dinner di set dengan nuansa santai, ceria dan kenyang. Jati diri mamak sesungguhnya bakal keluar saat gala dinner. Tapi ada juga yang masih menahan imej seperti saya. Diem-diem dan senyum-senyum aja. Sampai mendapat Predikat PENDIAM !

Gala dinner


Predikat tertinggi selama hidup ! Pendiam !
Padahal aslinya gak bisa diam. Cuma kondisinya lagi sendu aja pas meninggalkan Batam dan selama di Jogja. Berpisah dengan anak itu berat maak ! 3 malam 4 hari pulak. Aku dilanda Rindu. Bener kata dek Dilan, Rindu itu berat ! wkwkwkw

Hari Ketiga

Tak banyak acara pada hari ketiga ini. Saya meninggalkan hotel pukul 9 pagi. Praktis tak mengikuti acara penutupan. Dan ada pengumuman pemenang Vlog dan Photo competition di hari terakhir ini. Saya pasrah, jika menang kemudian di batalkan. Wkwkwkkw.
PD amat yak menang. Tapi ternyata rejeki gak kemana. Saat di Bandara di infoin oleh teman sekamar dan panitia. Bahwa saya menang lomba Vlog. Lumayan dapat vocer belanja. heheheh

Secara keseluruhan saya menikmati serangkaian acara ini. Bertemu dengan teman baru. Berbagi info parenting, mencicipi aneka kuliner dan jalan-jalan itu menyenangkan ! Acaranya pun tidak terlalu padat. Ada kesempatan sedikit untuk berleha-leha dan jalan-jalan. Intinya sih, pinter-pinter bawa diri deh. Kalau merasa mampu jalan-jalan dan tetep setrong mengikuti serangkaian acara ya silahkan. Bebaas maak ! Bebaaass !

Jadi gimana mak ?
Minat ikutan Mombassador ?

Tunggu kelanjutan kisahnya sampai saya terpilih dari 3560 emaks senusantara ya :)
Nanti di share juga tips mengikuti pemilihan ini. hehehe
Share:

31 comments:

  1. Makasih bunda desy untuk cerita serunya...

    ReplyDelete
  2. Gimana rasanya kak? Pagi hari bangun tdr, trs bisa mandi dengan tenang, dandan agak lama, wkwkwkkk.... Long time ga begituu yaakk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih dekjul.
      Acaranya seru tapi tidak mampu menutup kesedihan jauh dari anak.
      hehehehe

      rasanya aneh.
      bangun tidur gak ada yang merengek minta peluk.

      Delete
  3. Wiihh.. Makin kecee ibuk khalid niihh..
    Tertarik ikuut..taun depan mungkin klo thole udh disapih..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah silahkan mbaa.
      keren emang acara ini.
      temu bunda yang super wow.
      hehehe

      Delete
  4. Haloo mba Desy, kita seangkatan ya di batch 7 ��. Senang sekali bisa belajar dan seru-seruan bareng dan jadi bagian mombassador

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo bundaaa :)
      terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  5. "Sebelum nyinyir berkelanjutan..."
    Hahaha... kasian kali lah dirimu Des, dinyinyirin mulu'. Jadi, yang nyinyir dah anteng belom tu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkwkkw
      Mgkin akunya yg mesti intropeksi diri bu :(

      Delete
  6. Wah seru acaranya. Aku suka sama caramu bercerita, seolah ada dalam acaranya.

    ReplyDelete
  7. Semoga harapan emak si khalid dikabulkan ama brand yang lain nya... yakni parentbassador dan si emak dan bapak dapat kesempatan lagi ikut , kan si emak bahagia jadi luar binasa eeh luar biasa...hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk
      AAMIIIIIN Kak !
      tar klo ada, kita daftar bareng-bareng.
      wiihihihihihhi

      Delete
  8. seru acaranya Bun, teima kasih juga untuk berbagi cerita bersama kami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Bun,
      Terimakasih juga sudah berkunjung :)

      Delete
  9. Eman-emak strong. Kece ya punya acara gitu. Kalo diundang artinya udah dipercaya sama si-brand itu! Jadi abaikan aja nyinyiran yang gak penting!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Dewasa sekali bang komennya.
      Jd terharu.
      Makasi bang :)

      Delete
  10. Ramai ya dan asyik... Semoga even selanjutnya bisa bawa anak ya karena Mombassador gak lengkap tanpa crucils di samping... Ya soal ongkos mungkin bisa dibincangkan antara peserta dan panita. Congrats ya Desy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bu.
      Bener bu.
      Jauh dr anak bikin galau :D

      Delete
  11. asik banget acaranya jadi pengen jado mombasandor *pake hijab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo butuh jilbb bilang aja bang.
      Stokku banyak.
      Wkwkwkwkwkkw

      Delete
  12. Alhamdulillah Dessy terpilih. Senangnya jalan-jalan plus dapat banyak ilmu yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.
      Gk nyangka jg.
      Rejeki mamak menuju sholehah. Hehehhe

      Delete
  13. kemarin itu juga daftar
    trus dapat email tuk ngisi form lagi
    kelupaaan hehehe
    moga nti ada kesempatan lg
    seru banget nih acaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah.
      Blm rejeki ya mba.
      Ada lagi kok mba target mrk 1000 mombassador. Hehehe

      Delete
  14. asik banget deh pokoknya bisa jadi bagian mombassador ini, pengen lagi *eaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk
      Sama bun.
      Ak jg mau lagi. Tp bawa anak dan suami ya.
      Huahahhhak

      Delete
  15. Seruuu... Ahhh aku Nglang2 baca baru komen hahaha.
    Btw ada lho teman matrikulasi ku dl dari blogger palembang ikutan jg

    ReplyDelete
  16. Aku jg ikutan isi form mbk, cuma sampe tahap 2 tapi nya, dan ga kepilih unt tahap selanjut nya, tapi emang selain baru juga di blog, aku pun ga bisa ninglin 2 anak ku krn ga ada tempat buat nitipin mereka. Baca cerita ini aku jadi tersadar dari kesenduan ku krn ga kepilih,kata lain bersyukur kali yah. Klo kepilih pasti banyak problem nya. Masyaallah emang Allah yg tau mana yg terbaik buat kita yah. Btw seneng deh mbk des bagi cerita ini, mamak happy yah😍

    ReplyDelete