Monday, September 3, 2018

,

Sop Kambing ala Betawi



Siapa yang menyukai kuah gurih, daging lembut dan rasanya khas saat dipadukan dengan acar timun dan sambel merah ? Ah ! Rasanya siapa saja sulit menolak jenis menu ini apalagi di santap saat cuaca dingin seperti pagi ini. Kecuali bagi yang tidak menyukai olahan Kambing ya. Hehehehe.


Kami memiliki tempat makan favorit untuk olahan Kambing ini. Namanya sudi mampir. Hanya menjual olahan Kambing. Sate dan Sop Kambing. Uniknya Sop kambingnya ini kita dibebaskan memilih apapun isiannya. Boleh iga, daging, jeroan, kaki Kambing, tulang muda dll. Di hitung berdasarkan berapa potong kita yang kita ambil.

Nah, terinspirasi dari Sop Kambing Sudi Mampir lah kami membuat Sop Kambing ala Betawi. Rasanya 11-12 lah, namun masakan orang rasanya lebih menggiurkan ya. Keuntungan saat membuat sendiri suatu menu adalah kita bebas menambahkan apa saja yang kita inginkan.


Baiklah, berikut resep Sop Kambing ala Betawi :

Bahan :

1kg daging Kambing (boleh campur tulang)
1 potongan besar Lengkuas
5 lbr Daun Salam
5 Cengkeh
4 Kapulaga
2 Kayu Manis
1 Pala hancurkan kasar
2 Bungkus Susu Bubuk
500 ml Susu Cair
5 Sendok Minyak Samin
Penyedap secukupnya (MSG/Kaldu Jamur)


Bumbu Halus
8 Siung Bawang Merah
5 Siung Bawang Putih
Garam secukupnya
1cm Jahe

Lada secukupnya

Pelengkap :
Emping
Acar Timun
Bawang Goreng
Sambal Merah
Tomat


Caranya :

  1. Rebus daging Kambing selama 10 menit kemudian buang airnya
  2. Rebus kembali daging Kambing dengan daun salam dan lengkus hingga empuk. Kurang lebih 2-3 jam di api kecil. (Sisang airnya jangan dibuang)
  3. Haluskan Bumbu halus kemudian tumis hingga harum
  4. Tambahkan air kaldu sisa rebusan daging Kambing
  5. Masukkan rempah (Kapulaga, kayu manis, cengkeh, pala)
  6. Tambahkan susu cair dan susu bubuk
  7. Masukkan minyak samin
  8. Tambahkan lada dan koreksi rasa
  9. Tunggu hingga mendidih.
  10. Tambahkan bahan pelengkap. Sajikan panas
Cara Membuat Acar Timun
  1. Potong Timun, Wortel secara dadu.
  2. Potong cabe rawit sesuai selera
  3. Tambahkan 1 sendok cuka makanan
  4. Tambahkan garam dan sedikit gula
  5. Campurkan semua bahan
Cara Membuat sambal Merah
  1. Cabe Merah besar dan cabe Merah Rawit
  2. Bawang putih
  3. Tambahkan air. Blender hingga halus
Tips :
  1. Jika daging segar, cukup direbus kurang lebih 1 jam maka daging akan empuk.
  2. Larutkan terlebih dahulu susu bubuk dengan air bersuhu normal baru kemudian masukkan ke panci untuk menghindari penggumpalan.
Share:

46 comments:

  1. KU PERNAH COBAIN INI KMAREN DI JAKARTA, dan rasanya emang guriiiiiihhhh! Di sini gak tau jualnya di mana, tapi ngapain beli kalau udah ada resep kaya gini. Comot ya kak resepnya, doakan saya sukses masaknya wkwk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di batam ada jg.
      Sudi mampir. Penuin.

      Tp klo mau coba bereksplorasi jom coba ini resep. Heheheh

      Delete
  2. widih enak kali. entar daging Kambing di kulkas aku buat Sop Kambing ala Betawi akh. makasih kak dah berbagi resepnya

    ReplyDelete
  3. ngenceesss aku mbaaa... tapi rada takut juga makannya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain mbaa. Biar gk penasaran. Hehehehhe

      Delete
  4. Duh sop kambing.. Favorit banget ini mah. Kenapa kemaren waktu ada stok daging kambing gak kepikiran bikin sop kambing ya? Btw, makasih resepnya Des.. Besok2 kalo ada stok kambing lagi mau coba bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mbaa.
      Klo kami buatnya setahun sekali.
      Pas dpt jatah daging qurban.
      Kwkwkkwkw

      Delete
  5. Kangen banget makan sop kamping Betawi ini. Dulu pas tinggal di Jakarta aja sering icip-icip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar gk kangen.
      Ayok teh recook.
      Hehhehee

      Delete
  6. Belum pernah makan sop betawi.
    sotonya pernah
    di sini jarang banget yg jual dan mahal
    tp suai dgn rasa sih
    tp boleh dicoba nih resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mbaaa.
      Biar bs hemat dan makan puas. Hahhaa

      Delete
  7. Mba des dagingnya bisa diganti sapi gak sihh?? Beda rasa gak sih jadinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. Utk daging sapi.
      Aku blm pernah coba mbaaa

      Delete
  8. Suka yg gurih tapi ga bisa banget makan daging kambing walau baunya ga ketara banget. Hihi, tapi resepnya bisa dicoba pakai daging sapi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cm gk ketara.
      Tp gk berasa sama sekali.
      Coba deh.
      Tp dagingny harus seger yaa

      Delete
  9. Penggunaan susu ini fungsinya apakah untuk menggantikan santankah? Terlihat dari gambarnya kayaknya gurih banget ya, ntar ah mau nyobain juga. Makasih resepnya Mbak Desy

    ReplyDelete
  10. jangan diliat suamikuuu, bias ngga selesai-selesai makannya hehe...dia doyan banget soalnya

    ReplyDelete
  11. Saya penggemar kuliner daging kambing. Tetapi, belum pernah cobain bikin sendiri. Baca postingan ini jadi bikin sendiri. Biar lebih puas makannya :)

    ReplyDelete
  12. Sudah lama gak menikmati soto betawi yang gurih ini. Bikin sendiri mudah ya Mbak, makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah bikin masakan yang pakai minyak samin. Kudu belanja minyak samin dulu nih

    ReplyDelete
  14. Sop kambing betawi ini favorit aku sejak kecil, aromanya mantab. Bisa habis banyak nih klo ga diingatkan

    ReplyDelete
  15. Soto Betawi itu enak banget ya rasanya.. Segar dan gurih. Saya suka banget deh!

    ReplyDelete
  16. penasaran deh rasanya sop kambing ala betawi, soalnya biasa makan sate kambing doang kak

    ReplyDelete
  17. mbak aku simpen ya resepnya. Suamiku suka banget loh sop kaki kambing. kebetulan di dekat UGM itu ada sop kaki kambing yang enak banget. Kalau ga mikir kolesterol udah deh khilaf tiap hari hahahahaha

    ReplyDelete
  18. Wahh syukaa. Aku pertama kali nyoba di semarang waktu lc kemarin. Langsung jatuh hati. Ini pasti bakal kucoba. Tp pakai tulang sapi aci tak ya

    ReplyDelete
  19. Wow juara deh bisa masak sop kambing betawi

    ReplyDelete
  20. Aku msh ga pede masak kambing..hehehe. dan membaca ini pagi2 buta bikin aku lapar bukk

    ReplyDelete
  21. Mbaa, itu penampilan sop kambing betawi tuh menggiurkan banget. Biasanya beli kambing di pasar atau di supermarket mba? Di tempatku jarang yang jual daging kambing :)

    ReplyDelete
  22. Owalah, pake susu juga yaa. Penasaran pingin coba deh

    ReplyDelete
  23. Aku gak pernah berani ngolah kambing. Ternyata kuncinya pada pembuangan rebusan pertama yaaaa...wah, jadi tertarik bikin nih, masih ada sisa idul adha kemarin di freezer.

    ReplyDelete
  24. Pagi-pagi baca ini, jadi kepingin nyiduk sop kambing panas pakai lontong & sambel hahahaa.

    ReplyDelete
  25. Serius mba segala menu kambing itu kesukaan ku, termasuk sop kambing. Tapi kok baru tau ya pakai segala bubuk susu dan susu cair hehehe *ko eneg* ga suka susu

    ReplyDelete
  26. ow ow sop kambing ya favoritku banget. di cilacap ada kesukaanku rasanya enak ga eneg padalah ya pake susu. kalo di Semarang ada beberapa juga

    ReplyDelete
  27. Terima kasih ya Mbak resepnya jadi pengen masak juga kambing nih soalnya suamiku suka deh

    ReplyDelete
  28. Nyam enak. Beda ya ma gulai, soalnya kuahnya sama kentelnya kyknya hehe.
    Aku suka semua masakan dari kambing mbak :D
    Makasih resepnya, ijin nyontek yaaaaa, ada nih daging kambing di freezerku blm sempet masak :D :P

    ReplyDelete
  29. langsung keingetan kalau di freezer masih ada daging kambing sisa idul adha kemarin.. jadi keidean untuk bikin sop kambing juga. thanks ya Mbak.. :)

    ReplyDelete
  30. Sop kambing, salah satu makanan favorit di keluarga saya, Mbak. Apalagi yang tidak tercium bau kambingnya, wess..habis kami santap.
    Penggunaan susu, sama fungsinya dengan santan, ya?

    ReplyDelete
  31. Sop kambing betawinya pake santan ya mbak?jadi kayak soto betawi ya...favorit aku tuhh.

    ReplyDelete
  32. Mbaaa, aku jadi tahuuu kalau yang putih itu susu ya, bukan santan. Syukurlah, kukira tadinya santan ^_^ Ijin coba resepnya ya mba..

    ReplyDelete
  33. Wahhh sampe di usia sekarang, saya belum pernah makan sup atau daging kambing loh, Mba. Jadi penasaran pengen makan SOP kambing nih

    ReplyDelete
  34. Mau komen yang sama dengan mba Manda.
    Hahha...kukira santan, ternyata susu.

    Jadi makanan sehat.
    Keluarga juga sukkaa~

    ReplyDelete
  35. waduh aku galfok, kukira sop daging betawi, ga taunya sop kambing ya. Aku sama kambing itu punya stigma sendiri, tapi sekarang2 udh mulai bisa, hehe. Ternyat aresepnya ada susunya ya, penasaran jg

    ReplyDelete
  36. Ini sih kesukaan aku n suamiiii. Makasih mba resepnya! Aku mau save, mana tau nanti weekend bisa bikin sendiri. Kalo beli mayan soalnya bisa sampe 35rb semangkok. :D

    ReplyDelete
  37. Sup kambing sup favorit ini mbak. Makasih resepnya ya. Jadi bisa bikin ala ala Betawi hehe

    ReplyDelete
  38. Kalo sop kambing daerah sini Jawa aku sudah pernah Mba, kalo daerah betawi belum
    DUh ngiler, tapi ada resepnya ih baik banget Mba Des, kapan2 aku cobain ah

    ReplyDelete