Friday, December 29, 2017

,

Resep Sop Ikan Batam


Sop Ikan Batam emang beda !
kuahnya segar, tidak berminyak, tak perlu menumis tapi namanya tetap SOP.

Tak salah, jika menu Sop Ikan Batam sering di buru pendatang.
Saya aja yang sudah tahunan tak pernah bosan dengan menu ini.
hehehe

Dan buatnya pun mudah. Tak perlu bumbu ribet tapi rasanya nikmat asyik sedap !
ditambah potongan rawit dengan kecap asin, beuh ! mantap mak !!

Resep Sop Ikan Batam

Bahan :
  1. 1kg Kakap Putih segar (di fillet)
  2. 1ons Ebi (ebi kuning ya mak, jangan yang putih. Kalau putih ebi asin) Sangrai dan tumbuh halus.
  3. 1 Bungkus Bakso Ikan (sesuai selera)
  4. Selada Air (sesuai selera)
  5. 1 batang daun bawang
  6. bawang goreng
  7. 1 butir tomat hijau iris tipis
  8. Garam secukupnya
  9. Lada secukupnya
Caranya :
  1. Didihkan air kemudian masukkan ebi yang sudah dihaluskan, aduk rata
  2. masukkan bakso ikan dan tunggu mendidih kembali
  3. masukkan ikan
  4. masukkan garam dan lada
  5. koreksi rasa, setelah oke masukkan daun selada, tomat hijau, daun bawang dan bawang goreng
  6. angkat dan sajikan


Tips :
  • Setelah memasukkan ikan, cukup dimasak paling lama 5 menit untuk menghindari ikan hancur karena kelamaan di rebus. Saat kompor dimatikan, proses memasak tetap berjalan kok mak. Jadi jangan khawatir tidak matang
  • Semakin halus ulekan ebi semakin baik. Lebih menyatu di kuah
  • Masukkan dedaunan ketika sudah matang untuk menghindari over cook
  • jangan terlalu banyak diaduk. Kalau saya mengaduk tidak sampai dasar. cukup permukaannya saja agar garam dan ladanya tercampur sempurna.
  • sajikan dengan potongan rawit dan kecap asin
Share:

11 comments:

  1. Syegerr.....menu sehat nih untuk balita. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dekjul. emang belajar bikin ini demi Khalid.
      yang suka ikan dan berkuah.
      heheheheh
      semoga bermanfaat

      Delete
  2. Makasih resepnya mba desy, semoga bisa re cook dengan sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. insyallah sukses mba.
      mudah banget.
      hehehhe

      Delete
  3. slurpp... seger mbak desy.. makasiy resepnya..

    ReplyDelete
  4. wah enak ni hujan2 mask ini,,,,pas banget

    ReplyDelete
  5. ini ni saya suka ala cemplung-cemplung .....

    ReplyDelete
  6. Udah dicoba mbk, enak juga hasil nya..

    ReplyDelete